Filing Cabinet untuk Kantor? Perlukah?

11 Feb 2019

Kemajuan teknologi sudah begitu pesat dan tidak bisa dibantah lagi bahwa kemajuan tersebut sangat membantu banyak pihak terutama perusahaan baik di Indonesia ataupun luar negeri. Banyak kantor yang memilih jalan paperless untuk menghemat biaya operasional sembari menjaga lingkungan. Jadi, apakah sebenarnya kantor Anda masih memerlukan peralatan kantor yang pernah tersohor ini?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah YA, bagi kantor yang sudah menjunjung paham paperless ataupun tidak. Walaupun teknologi sudah semakin canggih, keberadaan filing cabinet atau lemari arsip masih sangat diperlukan untuk para pengusaha. Peralatan kantor ini sangatlah berguna dan tetap bisa bermanfaat walaupun kantor Anda berusaha untuk meminimalisir penggunaan kertas. Berikut adalah beberapa kegunaan filing cabinet untuk kantor Anda:

Membuat dokumen tetap terorganisir
Dengan filing cabinet, kalian bisa mengorganisir dokumen, surat ataupun kertas penting supaya lebih rapi. Dokumen-dokumen yang telah terorganisir akan sangat membantu pekerjaan para staf terkait.

Akses yang mudah untuk dokumen penting
Memiliki peralatan kantor ini akan membantu kantor Anda ketika memerlukan dokumen penting. Walaupun teknologi cloud sudah merajalela, mengakses dokumen penting di lemari arsip jauh lebih mudah daripada harus mengakses data melalui bantuan teknologi.

Mencegah kekacauan yang tidak perlu
Merapikan dokumen-dokumen dalam filing cabinet akan sangat berguna bagi Anda. Hal ini mampu mencegah Anda dari kepanikan yang melanda jika ada dokumen yang tidak bisa ditemukan karena kesalahan seperti lupa.

Data cadangan
Jika perusahaan Anda sudah meminimalisir penggunaan kertas, filing cabinet masih bisa digunakan untuk membuat dokumen cadangan dari data yang Anda simpan menggunakan bantuan teknologi. Prioritaskan membuat dokumen cadangan yang mungkin nilainya tidak bisa digantikan dengan uang karena teknologi juga memiliki resiko.

Singkatnya, walaupun Anda bisa dengan mudah menyimpan data menggunakan bantuan teknologi, ada baiknya jika Anda tetap menggunakan peralatan kantor ini untuk kantor Anda. Semoga berguna ya!

Photo credit: pexels.com