Tipe-Tipe Kayu Olahan yang Sering Dijumpai untuk Furnitur Rumah

06 Mar 2019

Suka belanja furnitur rumah berbahan kayu olahan tapi tidak mengetahui perbedaan atau keunggulan material tersebut? Ayo luangkan beberapa menit waktu Anda untuk membantu Anda menjadi pembeli yang bijak dalam memilih furnitur rumah Anda.

Chipboard
Chipboard dikenal juga sebagai papan partikel. Ini adalah salah satu kayu olahan yang sangat murah karena hanya terbuat dari hasil serpihan atau serutan kayu yang kemudian diolah menggunakan lem agar menjadi potongan papan yang padat. Tipe kayu olahan ini kerap dilapisi dan dan digunakan untuk permukaan datar furnitur rumah sepert meja sudut ruangan.

Papan Fiber
Material papan fiber atau fibreboard adalah salah satu jenis kayu olahan yang sering digunakan sebagai salah satu material furnitur rumah. Jika chipboard dibuat dengan mengolah hasil serpihan atau serutan kayu, papan fiber berasal dari kayu keras dan kayu lunak yang dipecah dan diolah menggunakan lilin dan lem agar menjadi papan fiber.

Plywood
Plywood sering disebut sebagai kayu lapis, tripleks atau multipleks. Banyak orang yang sering mengira furnitur rumah berbahan kayu olahan ini adalah furnitur rumah yang murahan. Hal tersebut tidak selalu benar karena plywood justru adalah kayu olahan yang sangat kuat, terbuat dari lapisan tipis veneer yang diikat bersama untuk membuat papan kayu yang kokoh. Plywood adalah tipe yang sangat populer untuk furnitur rumah karena keunggulannya.

? Medium Density Fibreboard (MDF) Jenis kayu olahan MDF adalah material furnitur rumah yang kerap kali Anda jumpai tanpa disadari. Mengapa? Ini dikarenakan jika tipe ini diveneer oleh ahlinya, akan menghasilkan sebuah kayu olahan yang sangat solid seperti kayu murni. Banyak sekali pabrikan furnitur yang menggunakan tipe ini dikombinasikan dengan veneer kayu untuk menciptakan furnitur yang solid, memiliki sentuhan premium dan tahan lama tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Nah, sekarang sudah lebih paham dengan jenis-jenis kayu olahan yang kerap Anda jumpai di toko furnitur rumah kan? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan ingat, pilihlah furnitur rumah dengan tipe kayu olahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Photo credit: pixabay.com