Mengenal Rating UL di Lemari Besi Tahan Api

08 Apr 2019

Lemari besi tahan api yang dijual rata-rata memiliki sertifikasi atau rating bernama UL. Sertifikasi atau rating UL dibuat oleh perusahaan UL LLC atau yang dulunya dikenal sebagai Underwriters Laboratories. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini adalah salah satu perusahaan pembuat sertifikasi keamanan terbaik di dunia dan salah satu rating yang mereka buat adalah sertifikasi UL yang kerap digunakan untuk lemari besi tahan api. Rating ini menunjukkan seberapa tahan lemari besi tahan api dari ancaman api yang bisa saja terjadi. Ayo kita pelajari bersama rating ini!

Rating yang dibuat UL terdiri dari rating utama beserta sub-rating. Berikut adalah beberapa rating UL untuk ketahanan api:

  • 350, 1 Jam: 350 adalah suhu atau temperatur dalam bentuk Fahrenheit. 1 jam adalah durasinya. Lemari besi tahan api dengan rating ini menunjukkan bahwa lemari besi akan mempertahankan suhu interior di bawah 350 derajat Fahrenheit, jika suhu di luar melebihi 1700 derajat Fahrenheit, selama sedikitnya 1 jam. Patut diingat bahwa barang seperti kertas akan terbakar dengan sendirinya jika temperatur sekitar mencapai 450 derajat Fahrenheit.
  • 350, 2 Jam: Sama seperti rating UL 350 di atas, namun perbedaannya terdapat di durasi. Lemari besi seperti ini bisa menahan suhu interior kotak lemari besi di bawah 350 derajat Fahrenheit setidaknya selama 2 jam. Jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari layanan pemadaman kebakaran, mungkin Anda membutuhkan lemari besi dengan durasi sertifikasi UL yang lebih dari 60 menit.
  • 125, 1 Jam: Dengan rating 125, 1 jam, lemari besi tahan api akan menjaga temperatur di dalam kotak lemari besi agar tidak melebihi 125 derajat fahrenheit selama 1 jam dengan catatan temperatur di luar lemari besi tidak melewati 1700 derajat Fahrenheit. Harap diperhatikan bahwa barang seperti media penyimpanan digital akan rusak perlahan jika berada di tempat dengan suhu melebihi 125 derajat Fahrenheit. Sub-rating 1 jam sangat cocok jika Anda adalah pemilik bisnis yang memiliki banyak cadangan data baik di media penyimpanan atau di layanan berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox.
  • 125, 2 jam: Sama seperti sebelumnya, hanya berbeda dalam durasinya yang lebih lama. Untuk informasi tambahan, media penyimpanan digital, seperti kartu memori bisa rusak jika ada kelembapan di area sekitar. Akan tetapi, lemari besi dengan rating UL 125 derajat Fahrenheit juga berfungsi untuk menjaga kelembapan di dalam kotak tidak melebihi 80%. Jika kelembapan melebihi 80%, maka ada risiko kerusakan yang bisa muncul.
  • 125, 3 jam: Lemari besi tahan api dengan rating UL seperti ini bisa dibilang adalah yang terbaik untuk Anda yang ingin membeli lemari besi untuk kepentingan penyimpanan media penyimpanan digital. Rating UL 125, 3 jam menunjukkan kemampuan lemari besi menjaga suhu di dalam kotak lemari besi di bawah 125 derajat Fahrenheit selama 3 jam asalkan temperatur sekitar tidak melebihi 1925 derajat Fahrenheit.


Semoga ulasan tentang rating UL yang kerap Anda lihat untuk sertifikasi lemari besi tahan besi berguna buat kalian yang sedang mencari lemari besi untuk keperluan kantor atau rumah Anda!

Photo credit: pixabay.com