Cara Tepat untuk Merawat dan Memelihara Furnitur Anda

28 Aug 2018

Banyak pertimbangan yang dilakukan seseorang dalam memilih furnitur rumah, mulai dari kualitas yang tahan lama, hingga kesesuaian fungsi, kebutuhan dan tampilannya. Akan tetapi, walaupun pilihan Anda memenuhi kriteria tersebut, cara merawat dan memelihara furnitur rumah juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh apakah barang tersebut dapat tahan lama. Ketika sudah membeli furnitur impian, pastikan Anda mengetahui cara yang tepat untuk perawatan furnitur tersebut dengan membaca tulisan singkat di bawah ini.

Bantal
Merawat furnitur rumah yang memiliki bantalan seperti sofa harus dilakukan secara rutin. Hal paling mudah adalah mengubah bantal dari satu sisi ke sisi lainnya supaya bantalan tidak memiliki sisi yang lebih tipis akibat efek pemakaian. Jangan lupa untuk mengeluarkan bantalan dari ritsleting dan mengusapnya tiap sisinya.

Kain
Kotoran dan debu yang tertinggal di kain memiliki kontribusi besar untuk mempersingkat masa pakai kain yang ada di furnitur rumah. Bersihkan debu dengan penghisap debu dengan sikat lembut seminggu sekali supaya tidak terjadi degradasi yang signifikan untuk kain.

Kulit
Furnitur rumah berbahan kulit tidak memerlukan perawatan yang merepotkan. Hindari meletakkan furnitur berbahan kulit yang dekat dengan sumber panas atau cahaya langsung supaya kualitas tetap terjaga. Kemudian, bersihkan debu secara berkala menggunakan penyedot debu yang memiliki sikat bulu yang halus atau kain lembut yang kering. Kayu
Sama seperti bahan kulit, furnitur jenis ini sangat tidak direkomendasikan untuk ditempatkan dekat dengan sumber cahaya atau panas. Lakukan pembersihan debu berkala dengan kemoceng dan kain bersih yang sudah dibasahi.

Metal
Furnitur yang dibuat dari metal seperti besi harus dibersihkan secara reguler menggunakan kain kering. Untuk pembersihan menyeluruh, gunakan air hangat dan sabun. Bilas dengan air bersih dan keringkan kain kering.

Cara-cara di atas bisa digunakan untuk merawat dan membersihkan furnitur rumah Anda. Jangan lupa lokasi tempat Anda meletakkan furnitur juga bergantung terhadap awet atau tidaknya furnitur tersebut. Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda untuk merawat furnitur rumah lebih baik lagi ya!

Photo Credit: https://burst.shopify.com/