Tips Memilih Lemari Besi Tahan Api Berkualitas Tinggi

10 Jun 2019

Kebakaran rentan terjadi pada musim kemarau, terutama di negara beriklim tropis. Tumpukan daun jika dibiarkan dapat menjadi sumber penyebab kebakaran. Selain itu, kelalaian dan kecelakaan yang disebabkan manusia juga menjadi faktor penyebab kebakaran. Jika tidak ditangani dengan cepat maka barang dan berkas berharga bisa lenyap ditelan si jago merah. Maka dari itu, salah satu cara yang tepat untuk melindungi barang berharga Anda ketika musibah kebakaran terjadi adalah dengan menggunakan lemari besi tahan api. Berikut adalah tips untuk memilih lemari besi tahan api yang top!

1. Durasi ketahanan terhadap api
Setiap lemari besi tahan api memiliki durasi ketahanan yang berbeda-beda. Biasanya, semakin mahal lemari besi tersebut tingkat ketahanan terhadap api akan semakin besar. Rata-rata lemari besi tahan api yang diproduksi memiliki durasi ketahanan sekitar 30 menit hingga 2 jam. Cara menentukan durasi yang sesuai dengan keperluan Anda adalah dengan membuat estimasi berapa lama pihak pemadam kebakaran bisa mencapai lokasi rumah atau kantor Anda jika musibah terjadi.

2. Sertifikat ketahanan api
Pastikan lemari besi tahan api yang akan dibeli memiliki sertifikat tahan api, bukan sertifikat yang tidak berkaitan. Lemari besi tahan api yang berkualitas bukanlah barang yang murah. Jangan ragu untuk bertanya lebih jauh tentang sertifikat ketahanan api tersebut. Sedikit catatan, kamu juga bisa menanyakan kepada si penjual apakah lemari besi tahan api tersebut memiliki fitur tahan air. Ada beberapa lemari tahan api yang memiliki fitur tahan air juga lho.

3. Tahan bongkar
Jika Anda membeli lemari besi, selain tahan api, Anda pasti juga menginginkan lemari besi tersebut tahan bongkar jika terjadi pencurian, betul? Jadi saat memilih lemari besi tahan api, perhatikan juga fitur-fitur yang membuat lemari besi tersebut tidak mudah dibobol, antara lain jenis penguncian lemari besi, ada tidaknya tempat memasang angkur dari dalam lemari besi, tersambung dengan alarm, dan lain-lain.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memilih lemari besi tahan api yang berkualitas ya.

Photo credit: pixabay.com