Menjaga Furnitur Rumah Agar Tidak Cepat rusak

13 Aug 2019

Ketika sudah menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk membeli furnitur rumah, pasti Anda tidak ingin furnitur rumah tersebut cepat rusak. Untuk menjaga furnitur rumah tetap dalam kondisi baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan atau dihindari. Yuk, luangkan 5 menit waktu Anda untuk menambah pengetahuan dalam menjaga kondisi furnitur rumah.

Tidak memperhatikan instruksi perawatan furnitur rumah
Jangan malas membaca label instruksi perawatan. Label yang disediakan umumnya menyajikan informasi terbaik dalam merawat furnitur rumah. Ikuti instruksi cara merawat furnitur rumah yang ada. Hindari merawat furnitur rumah dengan cara yang sama karena tidak setiap furnitur rumah memiliki material yang sama.

Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari yang berlebihan terhadap furnitur rumah dapat memengaruhi kondisi fisik perabot rumah. Anda bisa menutup jendela dengan tirai atau penutup jendela untuk meminimalisasi efek negatif sinar matahari terhadap furnitur. Anda juga bisa memutar furnitur And agar tidak hanya satu sisi saja yang terpapar sinar matahari. Misalnya, selalu putar bantal-bantal pada sofa setiap harinya.

Perhatikan kondisi ruangan rumah
Kondisi kelembapan, kekeringan, panas dan dingin yang berlebihan bisa berdampak buruk pada furnitur rumah, terutama yang berbahan kayu. Lakukan tindakan ekstra untuk menjaga furnitur rumah. Anda bisa mempertimbangkan penggunaan peralatan rumah, seperti dehumidifier, untuk menjaga suhu ruangan.

Jangan gunakan satu produk pembersih perabot untuk semua furnitur rumah
Tidak semua furnitur rumah terbuat dari material yang sama. Menggunakan produk pembersih yang sama untuk membersihkan semua furnitur rumah justru bisa merusak peralatan rumah. Ada baiknya untuk menggunakan barang-barang alami untuk membersihkan furnitur rumah. Contohnya, larutan garam untuk menghilangkan noda pada kain, kayu, atau karpet. Jika terpaksa menggunakan produk berbahan larutan kimia, uji coba produk tersebut di area yang tidak mencolok pada furnitur rumah yang hendak dibersihkan.

Bersihkan furnitur rumah secara teratur
Rajin membersihkan furnitur rumah dapat membantu menjaga kondisi mebel atau peralatan di rumah. Akan tetapi, hindari membersihkan furnitur rumah secara berlebihan. Membersihkan furnitur secara berlebihan (furnitur rumah selalu dibersihkan dengan kain basah) dapat mempercepat usia furnitur tersebut. Jikalau khawatir furnitur rumah cepat kotor, tutupi perabot tersebut dengan penutup yang terbuat dari kain.

Semoga panduan di atas berguna membantu menjaga kondisi furnitur rumah ya.

Photo credit: http://unsplash.com