Mengatasi Karhutla, Bagaimana Caranya?

18 Sep 2019

Kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) kerap terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Kebakaran liar ini berdampak negatif terhadap lingkungan hidup maupun kualitas udara yang secara langsung akan mempengaruhi tingkat kesehatan makhluk hidup di area tersebut. Salah satu contohnya adalah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang kondisi udaranya saat ini telah berstatus bahaya. Tidak hanya di Kepri saja, Kalimantan Tengah juga memiliki status udara yang berbahaya. KARHUTLA tidak hanya membawa dampak negatif pada wilayah disekitarnya, negara tetangga kita pun sampai terkena dampak asap yang dikirim dari Kepri ini. Hal ini menimbulkan kecemasan masyarakat maupun negara tetangga yang mendesak pemerintah Indonesia untuk segera melakukan tindakan.

KARHUTLA yang terjadi pada lahan gambut memang lebih sulit untuk diatasi. Hal ini pernah dibahas oleh Presiden RI, Pak Joko Widodo, bahwa lebih baik kita mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dari pada melakukan pemberantasan setelah hal itu terjadi. Ini berkaca dari pengalaman masa lalu yang memperlihatkan sulitnya penanganan masalah KARHUTLA.

Untuk mengatasi KARHUTLA, team pemadam kebakaran serta pemerintah memiliki beberapa cara untuk memadamkan kobaran api yang besar. Salah satu caranya adalah dengan membuat hujan buatan, dimana prosesnya sendiri tidak mudah karena kadar air pada wilayah tersebut harus mencapai 75% agar pada saat ditaburi garam pada awan akan terjadi hujan. Jika kadar air tidak mencapai 75% maka hujan tidak akan terjadi. Cara lain yang dilakukan pemerintah dan terbukti efektif adalah penyiraman yang dilakukan hingga ke dasar tanah dibuat seperti bubur, sampai tidak keluar asap lagi.

Upaya selanjutnya adalah melakukan penyiraman lewat udara dengan menggunakan bom air dan penyemprotan dari darat dengan menggunakan portable fire pump. Pompa pemadam portabel sendiri adalah pompa yang menyalurkan air bertekanan tinggi. Alat ini terhubung dengan sumber air yang terdekat dengan area KARHUTLA, baik sumber dalam tanah, maupun sumber air di permukaan seperti danau, sungai dan sebagainya. Pompa pemadam portabel ini diperlukan untuk menjangkau titik api yang jauh atau sulit di jangkau dengan kendaraan pemadam pada umumnya.

Mengingat fungsinya yang sangat krusial, pompa pemadam portabel yang berkinerja prima menjadi perangkat utama yang diperlukan untuk membantu pemadaman KARHUTLA yang sedang merebak saat ini. Salah satu penyedia pompa pemadam bekualitas tinggi yang sudah teruji kemampuan dan kinerjanya adalah PT Indosan Berkat Bersama selaku main distributor pompa pemadam portable merk CET di Indonesia. Tersedia berbagai jenis dan kapasitas pompa pemadam tergantung kebutuhan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi PT Indosan Berkat Bersama.

Referensi : 1 | 2 | 3 | 4 | 5

Photo credit: tirto.id