Sebelum Membeli Brankas, Perhatikan 3 Hal Ini

14 Oct 2019

Brankas merupakan tempat penyimpanan yang paling sering dipakai untuk menyimpan barang berharga seperti perhiasan, surat atau dokumen penting, barang elektronik, data dan juga dapat menyimpan senjata api agar tidak terjangkau dan disalahgunakan oleh orang lain. Orang-orang yang tinggal di kota besar, khususnya kota dengan angka kriminalitas yang relatif tinggi, biasanya memiliki brankas di rumahnya. Apalagi jika tempat tinggal atau tempat usahanya berada di pemukiman padat penduduk yang sering terkena bencana kebakaran atau banjir, memiliki brankas sebagai tempat penyimpanan yang aman menjadi sangat penting. Jika Anda termasuk orang yang belum memiliki brankas dan tertarik untuk membeli, sebaiknya Anda perhatikan 3 hal berikut ini untuk memastikan Anda memilih brankas yang tepat.

1. Kenali ukuran brankas
Sebelum membeli lemari besi ada baiknya jika Anda mengetahui jenis barang seperti apa yang ingin disimpan di dalam brankas tersebut. Selain jenis barang yang akan disimpan, Anda juga harus mengukur seberapa banyak barang yang akan Anda simpan di dalam brankas serta seberapa luas area untuk penempatan brankas tersebut nantinya. Hal ini penting untuk menentukan berapa besar ukuran brankas yang Anda butuhkan. Anda juga harus berpikir bahwa semakin lama, barang yang akan Anda miliki akan semakin banyak, jadi pastikan bahwa Anda tidak membeli brankas dengan ukuran yang pas-pasan dengan barang yang Anda miliki saat ini.

2. Risiko ancaman tertinggi
Tidak semua jenis brankas dibuat sama dan jenis barang apa yang akan Anda taruh sangat menentukan jenis brankas yang cocok untuk Anda beli. Kenali risiko ancaman tertinggi yang mungkin terjadi di sekitar Anda. Kalau tinggal atau memiliki tempat usaha di lokasi dengan tingkat pencurian yang tinggi, maka brankas tahan bongkar merupakan pilihan yang lebih tepat. Sedangkan jika brankas akan diletakkan di kawasan yang rentan terhadap bencana kebakaran atau jauh dari kantor pemadam kebakaran, akan lebih tepat untuk memiliki lemari besi dengan fitur tahan api karena brankas jenis ini bisa membantu menjaga barang dari lahapan si jago merah sambil menunggu pemadam kebakaran tiba.

3. Akses
Jangan lupa pula untuk memikirkan akan seberapa sering Anda mengakses brankas atau barang-barang yang ada di dalamnya. Kalau brankas yang hendak dibeli akan menjadi tempat penyimpanan barang penting yang akan sering digunakan, pilihlah lemari besi dengan sistem penguncian yang praktis, misalnya dengan kunci kombinasi digital atau dengan sidik jari. Kalau Anda akan jarang mengambil barang di dalam brankas, Anda bisa memilih brankas yang bisa diletakkan di balik dinding atau bawah lantai.

Jadi, sebelum memutuskan membeli brankas pastikan Anda sudah tahu apa yang harus diperhatikan sehingga Anda bisa membeli brankas yang tepat. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda memilih!

Photo credit: mandatory.com