Menjaga Keamanan Rumah Ketika Libur Akhir Tahun

13 Nov 2019

Beberapa bulan lagi, kita akan menikmati liburan akhir tahun. Seperti biasanya saat liburan seperti ini, banyak orang memilih berlibur keluar kota atau ke luar negri bersama keluarga. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan rumah Anda selama berlibur akhir tahun antara lain dengan mengunci semua pintu/jendela, memasang sistem penerangan yang baik, memasang kamera pengawas dan menyimpan barang berharga di dalam brankas.

Yuk, simak detail mengenai tips meninggalkan rumah saat berlibur.

1. Jangan lupa mengunci pintu dan jendela
Sudah sangat biasa untuk mengunci pintu terlebih dahulu sebelum beranjak dari rumah. Namun, kerap kali ada yang melupakan satu hal penting yaitu mengunci jendela. Hal itu dapat memudahkan pencuri untuk membobol rumah Anda. Oleh sebab itu, sebelum pergi, pastikan bahwa Anda sudah mengunci semua pintu dan jendela dengan rapat. Anda bisa juga menambahkan gembok agar lebih aman.

2. Nyalakan lampu rumah di titik tertentu
Saat meninggalkan rumah, ada baiknya tidak mematikan lampu rumah secara keseluruhan agar rumah tidak terlihat sangat gelap ketika malam hari. Tujuannya agar rumah terlihat berpenghuni seperti biasa. Anda bisa membeli lampu LED otomatis yang bisa menyala saat gelap dan padam saat terang atau menyambungkan sistem penerangan di rumah dengan pengontrol otomatis yang bisa di program untuk menyalakan atau mematikan lampu di rumah Anda pada jam-jam tertentu. Pastikan area yang menurut Anda mungkin menjadi jalan masuk maling, misalnya halaman belakang rumah, agar memiliki penerangan yang baik sehingga adanya aktifitas yang mencurigakan bisa terlihat oleh masyarakat sekitar.

3. Memiliki brankas
Memiliki brankas di kota-kota besar seperti Jakarta sangatlah penting. Brankas atau lemari besi bisa menjadi penyelamat agar tidak kehilangan barang-barang penting seandainya rumah Anda di bobol maling. Brankas bisa memberikan perlindungan untuk barang dan dokumen berharga yang tersimpan didalamnya. Letakkan lemari besi ditempat yang sulit untuk terlihat atau tersembunyi. Lemari besi juga memiliki berbagai fitur keamanan yang canggih seperti fitur sidik jari, tahan bongkar, tahan api dan lainnya. Adanya brankas di rumah juga bisa memberikan ketenangan pikiran bagi pemiliknya khususnya ketika harus meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

Jika Anda belum memiliki brankas, tidak ada salahnya untuk membeli sebuah brankas untuk melindungi barang-barang berharga Anda. Pastikan untuk membeli brankas yang sudah teruji di tempat yang berkualitas, seperti di Indosan.