Tahukah Anda Bahwa Tempat Penyimpanan Barang Berharga Sudah Ada Sejak Jaman Purbakala?

16 Mar 2020

Jika melihat gambar di atas, pasti Anda akan mengira itu hanya gambar batuan yang di tumpuk  di atas batuan lainnya. Anda salah besar! Karena gambar tersebut merupakan cikal bakal sebuah “brankas” yang dulunya tersimpan di kuil pemujaan Dewi Aphrodite yang oleh orang Yunani kuno di percaya sebagai lambang cinta dan keindahan.

Batuan kuno tempat penyimpanan barang berharga ini digunakan oleh para penjaga kuil pada abad ke-4 Sebelum Masehi untuk menyimpan persembahan dari para pasangan yang mendambakan pernikahan yang berbahagia kepada Dewi Aphrodite. Mereka percaya bahwa dengan memberikan persembahan tersebut, Dewi Aphrodite akan memberkati pernikahan mereka dan melimpahkan banyak keturunan bagi para pasangan ini.

Persembahan berupa kepingan perak akan dimasukkan ke dalam lubang yang terdapat di bagian atas batu dimana kepingan perak akan jatuh ke dalam ceruk di batu bagian bawah dan akan terkumpul di ceruk tersebut. Jika para penjaga kuil melihat ceruk dalam batu sudah penuh, maka mereka akan mengangkat batu bagian atas dan mengeluarkan semua kepingan perak persembahan guna di simpan di tempat lain atau digunakan untuk keperluan pemeliharaan kuil.


Saat ini Treasure Box tersebut tersimpan di museum Acropolis baru di kota Athena yang selesai di bangun pada tahun 2007 silam. Terletak di kaki bukit Acropolis, museum Acropolis baru ini memiliki total luas 25.000 meter persegi, dengan ruang pameran lebih dari 14.000 meter persegi dengan perlengkapan yang sangat modern.