Indosan Hadirkan Produk Lemari Besi Berstandar Internasional

30 Oct 2018

Dokumen menjadi bagian terpenting yang perlu diselamatkan saat kejadian bencana. Tetapi untuk mengamankan dokumen tidaklah mudah. Apalagi mengamankan dokumen dari kerusakan akibat bencana banjir dan kebakaran.

Itu sebabnya, seiring meningkatnya kejadian bencana, kebutuhan masyarakat akan lemari besi terus meningkat. Lemari besi menjadi satu-satunya tempat penyimpanan dokumen dan barang berharga lainnya yang paling aman untuk saat ini.

“Ya, kebutuhan lemari besi untuk kalangan rumahan terus meningkat dari tahun ke tahun, baik untuk jenis produk tahan bongkar maupun tahan api,” kata Hindra C Kurniawan, President Director PT Indosan Berkat Bersama, Selasa (23/10).

Hindra memperkirakan permintaan akan lemari besi kalangan rumahan meningkat sekitar 20 persen setiap tahunnya. Berbeda dengan permintaan dari kalangan bisnis yang cenderung lambat.

Meski lemari besi menjadi solusi aman menyimpan dokumen penting, Hindra mengingatkan bahwa tidak semua lemari besi bisa memberikan jaminan dokumen tidak mengalami kerusakan saat terjadi banjir maupun kebakaran. Lemari besi yang baik adalah lemari besi yang telah mengantongi sertifikasi standar baik nasional maupun internasional.

“Kalau sudah punya sertifikasi standar, itu artinya produk lemari besi dibuat dengan standar yang ada, tuntutan yang ada,” lanjut Hindra.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan lemari besi yang standar, PT Indosan Berkat Bersama melalui produk bermerek SAN menghadirkan lemari besi bersertifikat UL. Underwriters Laboratories (UL) adalah organisasi internasional untuk sertifikasi dan pengujian keamanan yang berasal dari Amerika Serikat. Organisasi ini memiliki parameter uji dan berhak menerbitkan sertifikasi produk lemari besi.

Hindra mengaku untuk mendapatkan sertifikasi UL, proses yang dilalui tidaklah mudah. Karena produk yang diajukan permohonan sertifikasinya harus dikirim ke laboratorium UL di Amerika Serikat. Proses pengujian dilakukan berulangkali dengan berbagai catatan dan perbaikan hingga mencapai produk dengan standar terbaik.

“Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk proses uji lab UL. Dan kita lakukan prosesnya setahap demi setahap,” jelas Hindra.

Bagi Hindra, sertifikasi UL adalah sebuah jaminan yang diperuntukan bagi konsumen setia produk bermerek SAN. Dengan sertifikasi terbaik dalam hal lemari besi, maka setiap konsumen SAN akan mendapatkan jaminan keamanan produk yang dimilikinya.

Terkait uji lab UL, Jason Yong, Regional Business Development Manager for ASEAN, UL Services (Malaysia) Sdn.Bhd mengatakan pengujian produk lemari besi SAN mencakup daya tahan api untuk memastikan suhu internal saat kejadian bencana. Lalu kelembaban lemari besi, uji dampak opsional yang menilai kemampuan wadah untuk melindungi konten dari panas sebelum dan sesudah jatuh dari jarak setinggi 30 kaki.

“UL juga menguji lemari besi bermerek SAN dengan berbagai peralatan, bahan kimia, dan bahan peledak untuk melihat seberapa baik produk ini melindungi barang-barang yang tersimpan di dalamnya,” jelas Jason.

Selain lemari besi, PT Indosan Berkat Bersama juga menghadirkan rangkaian produk lemari kantor berkualitas tinggi dan bersertifikat. Produk-poduk tersebut kata Atmodjo Santoso, Sales Director PT Indosan Berkat Bersama, terbuat dari pelat baja yang tebal, mudah dibongkar pasang serta desain dan warna yang menarik.

Produk tersebut sangat cocok untuk menyimpan dokumen diberbagai tempat, baik di perkantoran, pabrik, instansi pemerintah maupun rumah tinggal tanpa melupakan nilai estetika. Jumlah produknya sekitar 200-an jenis.

“Indosan dan UL memiliki komitmen yang sama yaitu mewujudkan kehidupan dan kondisi kerja yang aman bagi semua orang. Hal ini kami wujudkan dengan hanya menghadirkan produk berkualitas yang sudah teruji dan disertai sertifikat lokal maupun internasional. Dengan demikian kami berharap masyarakat Indonesia dapat hidup dan bekerja lebih tenang dengan adanya jaminan keamanan atas dokumen dan barang berharga mereka,” jelas Atmodjo.

Ia mengaku awalnya lemari besi memang identik dengan penyimpanan uang dan perhiasan. Tetapi saat masyarakat justeru lebih banyak menggunakan untuk menyimpan dokumen berharga seperti surat tanah, akta pernikahan, ijazah, surat berharga perbankan, surat perjanjan, akta perusahaan dan lainnya.

PT Indosan Berkat Bersama merupakan perusahaan penyedia pproduk dan solusi perlindungan keamanan dan keselamatan dengan merek SAN. Meski relatif baru, perusahaan ini optimis mampu menjadi pemain utama dalam hal penyediaan produk keamanan dan keselamatan karena semua produknya mengantongi sertifikasi baik lokal maupun internasioanal.

Source: terkini.com