PT Indosan Berkat Bersama berpartisipasi dalam event ARFF Challenges 2019 di Bandara Adi Soemarmo, Solo (24 – 26 September 2019)

27 Sep 2019

Akhir-akhir ini kebakaran telah menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh semua golongan masyarakat, khususnya mengenai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sedang merebak kembali belakangan ini. Karhutla yang kini telah meluas hingga ke beberapa wilayah di Indonesia, telah secara langsung memberikan dampak negatif bukan saja terhadap kesehatan, tetapi juga terhadap lingkungan dan secara tidak langsung terhadap kondisi sosial ekonomi di Indonesia. Kelancaran operasional bandara di beberapa wilayah yang terdampak karhutla juga menjadi sangat terganggu akibat kabut asap dari karhutla yang mengganggu jarak pandang sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan penerbangan maupun penundaan atau bahkan pembatalan jadwal penerbangan yang sudah ada.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para personil fire fighter bandara dalam menghadapi segala kemungkinan akibat terjadinya kebakaran di area bandara, PT Angkasa Pura I menyelenggarakan kompetisi tahunan Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) Challenges 2019 yang berlangsung sejak tanggal 24 hingga 26 September 2019 di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Kompetisi ARFF 2019 ini diikuti oleh 14 bandara di Indonesia yang masing-masing mengirimkan tim ARFF mereka untuk saling unjuk kemampuan, bersosialisasi, berlatih baik secara individu maupun team work, serta bertukar pikiran antar profesi dalam rangka meningkatkan kualitas personil dan kelompok.

Kegiatan ARFF Challenges 2019 ini juga diramaikan oleh partisipasi dari para vendor yang bergerak di bidang fire and rescue, diantaranya adalah PT Indosan Berkat Bersama yang bekerja sama dengan PT Mefindo Andalan Jaya Utama untuk memamerkan berbagai perangkat fire fighting SANfire yang siap pakai untuk mengatasi kebakaran yang mungkin terjadi di Indonesia. Dalam kegiatan ARFF Challenges 2019 kemarin, perangkat SANfire yang telah teruji kehandalannya berhasil menarik minat para personil fire fighter bandara serta pejabat PT Angkasa Pura I untuk mengunjungi booth mereka karena perangkat siap pakai ini memiliki berbagai keunggulan, diantaranya kemudahan membawa perangkat ke berbagai medan, jarak sembur air yang cukup jauh serta bobot alat yang relatif ringan dengan kinerja maksimal.