Kantongi Sertifikat UL, SAN Hadirkan Produk Brankas Tahan Bencana

26 Oct 2018

Akhir-akhir ini, berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, maupun kebakaran terjadi di Indonesia. Tak hanya itu, bencana yang diakibatkan oleh manusia seperti kebakaran dan pencurian pun sulit dihindari. Karena itu, banyak masyarakat yang kehilangan dokumen maupun barang berharganya. Sebenarnya, hal ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa cara, salah satunya dengan menyimpan dokumen dan barang berharga di lemari besi.

Melihat kondisi tersebut, PT Indosan Berkat Bersama (Indosan) – perusahaan penyedia produk dan solusi perlindungan keamanan dan keselamatan merek SAN, bersama dengan Underwriters Laboratories (UL), organisasi internasional untuk sertifikasi dan pengujian keamanan, berbagi informasi akan pentingnya menyimpan dokumen dan barang berharga di tempat penyimpanan yang memenuhi standar keamanan.

“Sebelum membeli lemari besi, ada beberapa hal yang perlu konsumen perhatikan. Selain sesuai kebutuhan, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas lemari besi tersebut, apakah tahan api, tahan bongkar, atau tahan air. Termasuk juga jangan tergiur dengan harga murah, desain yang menarik. Tapi perhatikan standar keamanan lemari besi tersebut, apakah memiliki sertifikasi hingga layanan purnajualnya,” ujar Hindra Kurniawan, President Director PT Indosan Berkat Bersama.

Guna menghadirkan produk terbaik yang dapat menjamin keamanan dokumen dan barang berharga milik konsumen, Indosan pun bekerjasama dengan UL yakni telah menguji coba kualitas produk-produk SAN. “Perusahaan yang menghadirkan produk yang bersertifikat UL berusaha meminimalkan risiko yang mungkin ditimbulkan dari produk mereka.” Jason Yon, Regional Business Development Manager ASEAN, UL Services (Malaysia) Sdn Bhd).

Untuk mengurangi risiko kebakaran, UL melakukan pengujian produk yang mencakup daya tahan api, yang membahas suhu internal dan kelembaban di dalam lemari besi, dan menawarkan uji dampak opsional, yang menilai kemampuan wadah untuk melindungi konten dari panas sebelum dan sesudah jatuh dari jarak setinggi 30 kaki. UL juga menguji lemari besi SAN dengan berbagai peralatan, bahan kimia, dan bahan peledak untuk melihat seberapa baik produk ini melindungi barang-barang yang tersimpan di dalamnya.

Selain lemari besi, PT Indosan Berkat bersama juga menghadirkan rangkaian produk lemari kantor berkualitas tinggi dan bersertifikasi, terbuat dengan pelat baja yang lebih tebal, mudah dibongkar pasang, serta desain dan warna yang menarik. Produk tersebut berfungsi untuk menyimpan dokumen di berbagai tempat, baik perkantoran, pabrik, instansi pemerintah, maupun di rumah tinggal, tanpa melupakan nilai estetika.

Hindra menambahkan, produk SAN sendiri didesain sebagai bagian dari antisipasi dan meminimalkan resiko – baik terhadap bencana alam maupun pencurian. Untuk segmen yang dibidik, SAN menyasar semua lapisan – baik perusahaan maupun end users. “Jika 5 tahun lalu, kami membidik kelas medium ke atas, tapi saat ini kebutuhan masyarakat akan lemari besi semakin tinggi. Terlebih, lemari besi tak hanya digunakan untuk menyimpan uang tunai maupun perhiasan saja, tapi juga dokumen-dokumen penting,” ujar dia yang ditemui dalam acara media gathering SAN di Grogol, Jakarta.

“Indosan dan UL memiliki komitmen yang aman bagi semua orang. Hal ini kami wujudkan dengan hanya menghadirkan produk berkualitas yang sudah teruji dan disertai sertifikat lokal maupun internasional. Kami berharap masyarakat Indonesia dapat hidup dan bekerja lebih tenang dengan adanya jaminan keamanan atas dokumen dan barang berharga mereka,“ jelas Atmodjo Santoso, Sales Director PT Indosan Berkat Bersama.

Ketika disinggung mengenai pertumbuhan bisnis, Hindra menegaskan bahwa produk kategori lemari besi mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan. Hanya saja, dia mengungkapkan, bahwa produk lemari besi yang ditujukan untuk segmen korporat mengalami pergeseran – dari kategori brankas ke lemari penyimpanan file. Sementara di segmen brankas mengalami perluasan market.

“Bisa dibilang, growth kami tumbuh 20 persen setiap tahun. Belum lagi, kontribusi pembelian lemari besi di segmen residensial dan perumahan semakin meningkat. Kini, konsumen mulai aware untuk menyimpan dokumen secara aman. Untuk itu, melalui rangkaian produk SAN yang sudah bersertifikat UL diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar dia.

Source: marketing.co.id