Tipe Alat pemadam Kebakaran dan Tips Memilih Produk yang Tepat

16 Nov 2020

Anda sering beraktivitas di kawasan yang beresiko tinggi terjadi kebakaran? Atau Anda adalah pengurus sarana dan prasarana suatu instansi? Jika ya, pastikan Anda mengetahui beberapa informasi penting seputar alat pemadam kebakaran.

Ada beberapa tipe alat pemadam yang harus dipilih dengan tepat. Jika Anda ingin melengkapi fasilitas rumah maupun gedung dengan alat ini, maka Anda wajib mengetahui cara memilih dan menentukan tipe alat pemadam kebakaran yang akan Anda gunakan.

Tips Memilih Produk Pemadam Kebakaran yang Tepat
Alat ini merupakan salah satu fasilitas yang wajib dipersiapkan agar api bisa dipadamkan dengan cepat saat terjadi kebakaran. Oleh karenanya pemilihan alat ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika alat kebakaran tidak sesuai, apalagi tidak layak, maka fungsinya tidak akan maksimal. Berkaitan dengan tersebut, berikut ini beberapa tips dalam pemilihan alat pemadam kebakaran dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
 

  • Memilih Alat Kebakaran Sesuai Dengan jenis dan Luas Area Yang Perlu di Proteksi

Tips yang pertama adalah memilih alat sesuai dengan jenis dan luas area yang ingin di proteksi. Pemilihan berdasarkan hal tersebut bertujuan untuk menentukan jumlah dan jenis alat pemadam kebakaran yang diperlukan di suatu area agar bisa memadamkan api dengan cepat.

Alat pemadam yang disiapkan untuk kebakaran di dalam ruangan (indoor) biasanya adalah APAR dan jumlahnya akan disesuaikan dengan luas ruangan terkait. Sementara untuk kebakaran yang berada di area outdoor yang lebih luas harus menggunakan alat pemadam beroda yang lebih besar untuk menghalau kebakaran.

Selain itu jenis area yang akan di proteksi terhadap kebakaran juga mempengaruhi pemilihan jenis alat pemadam kebakaran. Misalnya area yang akan di proteksi adalah sebuah pabrik konveksi, dimana banyak terdapat benda padat mudah terbakar yaitu kain, maka yang harus disiapkan adalah alat pemadam kebakaran tipe powder.

Baca juga: Klasifikasi Kebakaran Tipe-Tipe Kebakaran yang Perlu Diketahui

  • Memilih Media Pemadam Yang Cocok untuk Memadamkan Api Dengan Cepat

Isi tabung pemadam merupakan hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan memilih alat pemadam kebakaran karena isi dari tabung tersebut akan mempengaruhi seberapa efektifnya alat pemadam kebakaran ini bisa memadamkan api.

Agar bisa memilih alat pemadam kebakaran dengan benar, Anda harus mengenali jenis-jenis media pemadam api, misalnya serbuk kimia (powder), foam, CO2, clean agent, dan lain-lain. Pelajari terlebih dahulu sifat dan cara kerja masing-masing media pemadam api supaya nantinya tidak salah dalam memilih alat pemadam kebakaran yang tepat.

Baca juga: Jenis-Jenis Media dalam Alat Pemadam Api Ringan

  • Menganalisa Keunggulan Pada Setiap Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Setiap produk pemadam kebakaran tentu mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. Untuk bisa menemukan alat yang paling tepat sangat disarankan untuk membandingkan keunggulan dari beberapa produk. Selanjutnya, pilihlah jenis alat pemadam yang paling unggul secara kualitas serta terjamin keamanannya sehingga layak untuk digunakan dan tidak akan membahayakan pemakainya.

  • Memilih Jenis Alat Pemadam Yang Bisa Digunakan dengan Mudah

Tips terakhir dalam memilih alat pemadam kebakaran adalah memilih produk yang mudah untuk digunakan. Kemudahan dalam penggunaan ini perlu menjadi perhatian agar saat terjadi kebakaran alat bisa langsung dipakai untuk memadamkan api tanpa harus membaca petunjuk rumit untuk cara pemakaiannya terlebih dahulu.

Alat pemadam yang cara penggunaannya rumit malah akan menimbulkan kebingungan dan kepanikan saat terjadi kebakaran bahkan bisa membuat keadaan menjadi semakin kacau. Di sisi lain, akan sangat baik jika alat pemadam memiliki petunjuk penggunaan yang jelas pada tabungnya. Dengan demikian, siapa pun yang sedang berada di area kebakaran terjadi, bisa menggunakannya dengan segera.

Fungsi Setiap Tipe Alat Pemadam Kebakaran
Alat pemadam kebakaran pasti sering Anda jumpai di tempat-tempat umum seperti stasiun, sekolah, pusat perbelanjaan SPBU, dan lain-lain. Jenis yang sering Anda lihat biasanya berupa tabung pemadam baik yang berukuran kecil maupun yang besar dan beroda. Namun ternyata ada banyak sekali jenis alat pemadam yang mungkin belum Anda ketahui beserta fungsi-fungsinya. Misalnya, sistim hidran, alat pemadam otomatis, alat pendeteksi kebakaran, fire suppression system, dan lain-lain.

Baca juga: Berbagai Macam Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu hal yang penting untuk diketahui adalah jenis media pemadam yang tepat. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini untuk penjelasan singkatnya.

  • Fungsi Alat Pemadam Api Powder

Alat yang satu ini berfungsi untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran entah itu besar atau kecil yang berasal dari kebakaran kelas A sampai C. Kelas A disebabkan oleh benda padat yang mudah terbakar sedangkan kelas B disebabkan oleh benda cair yang mudah terbakar. Untuk kelas C biasanya disebabkan oleh barang-barang yang memiliki sifat kelistrikan seperti barang-barang elektronik. Karena sifat powder yang serba guna inilah maka alat pemadam kebakaran jenis ini yang paling sering di jumpai di berbagai tempat untuk pertolongan pertama ketika timbul kebakaran.

  • Fungsi Alat Pemadam Api CO2

Media alat pemadam kebakaran yang berikutnya adalah CO2. Jenis yang satu ini biasanya ditemukan di ruangan berpanel listrik. Jenis ini sangat tepat untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran akibat benda-benda elektronik. Biasanya tipe alat pemadam yang satu ini memang sengaja diletakkan di ruangan berpanel listrik untuk dijadikan sebagai alat pertolongan pertama ketika terjadi kebakaran.

Ada kelebihan lain jika menggunakan alat yang satu ini. Kelebihannya adalah ketika disemprotkan ke sumber api, barang-barang elektronik yang terkena semburan gasnya tidak akan mengalami kerusakan. Mengapa demikian? Karena alat pemadam yang satu ini memakai media tanpa residu sehingga aman untuk barang-barang elektronik. Namun perlu di ingat bahwa CO2 adalah gas yang beracun bagi makhluk hidup.karena sifatnya yang mengikat Oksigen (O2) sehingga pemakai alat pemadam kebakaran jenis ini harus berhati-hati dalam menggunakannya.

  • Alat Pemadam Api Foam

Alat pemadam kebakaran jenis ini biasanya digunakan pada kelas kebakaran yang disebabkan oleh benda padat dan benda cair mudah terbakar. Media ini menggunakan perpaduan antara air dan soda surfaktan. Campuran kedua bahan tersebut mampu memadamkan sumber api dengan cepat tanpa perlu menyingkirkan benda yang terbakar.

Alat pemadam kebakaran jenis ini banyak ditemui di tempat-tempat yang menampung atau menjual cairan kimia seperti alkohol, minyak, bensin dan sebagainya.

Cara Mengoptimalkan Alat Pemadam Kebakaran
Salah satu cara untuk lebih mengoptimalkan fungsi proteksi dari alat pemadam kebakaran adalah dengan melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan secara rutin. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan berkala setiap tahun guna memastikan alat pemadam kebakaran yang Anda miliki tetap dalam kondisi berfungsi dengan baik dan siap digunakan sewaktu-waktu. Jika Anda belum tahu cara melakukan pemeliharaan atau pemeriksaan berkala yang benar, tanyakan hal ini kepada produsen alat pemadam kebakaran yang terpercaya untuk dapat memberikan informasi yang akurat dan praktis.

Demikian sekilas pembahasan mengenai bagaimana cara memilih produk pemadam kebakaran yang tepat sekaligus beberapa tipe alat pemadam kebakaran yang banyak digunakan. Semoga bermanfaat.