Apa itu Perimeter Protection dan apa keuntungan memilikinya?

23 Nov 2020

Memahami arti perimeter itu mudah. Ibarat bidang bundar, perimeter adalah keliling atau garis tepi bundaran tersebut, atau dalam bahasa sehari-hari di sebut juga sebagai batas luar. Hal ini di dukung pula oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengartikan istilah perimeter sebagai batas luas lingkaran atau batas luar dari tempat tertutup atau tempat terlindungi, misalnya bandar udara, daerah tentara, gedung pemerintahan, dan sebagainya. Sedangkan istilah protection secara harafiah berarti perlindungan atau penjagaan. Jika digabungkan, Perimeter Protection berarti perlindungan atau penjagaan di batas luar suatu tempat terlindungi dan fungsi inilah yang memang diberikan oleh perangkat Perimeter Protection terhadap tempat-tempat yang memerlukan perlindungan atau penjagaan yang lebih ketat dari umumnya.

Perangkat Perimeter Protection dapat dikategorikan sebagai lini terdepan dalam mempertahankan dan melindungi suatu area. Jenis perangkat Perimeter Protection di bagi menjadi 4 kategori besar berdasarkan fungsinya yaitu:

  • High security : perlindungan atau pertahanan tingkat tinggi
  • Access control : pengaturan di pintu gerbang
  • Entrance control : pengaturan akses masuk di dalam gedung
  • Fences : pagar pembatas mekanikal dan industrial

Perlindungan atau pertahanan tingkat tinggi
Perangkat Perimeter Protection yang termasuk dalam kategori ini adalah bollard, road blocker, pemecah ban mobil (tyre killer) dan gerbang pertahanan anti tabrak (tracked gate). Semua perangkat dalam kategori ini telah lulus uji sertifikasi internasional untuk uji tabrak (crash test). Biasanya perangkat jenis ini akan di pasang di batas area terjauh dari suatu area yang ingin dilindungi.

Contoh kasus dimana perangkat dalam kategori High Security ini bisa sangat berguna adalah saat terjadi serangan teroris terhadap gedung kedutaan, dimana mobil truk yang berisi bahan peledak berusaha menerobos masuk secara paksa ke dalam wilayah kedutaan. Jika mobil tersebut berhasil menerobos masuk, tentunya jumlah korban jiwa bisa dipastikan akan sangat banyak karena berasal dari orang-orang yang bekerja di dalam kedutaan. Namun jika mobil bisa dihentikan di batas perimeter sebelum masuk ke dalam area gedung, tentunya kerugian akibat kerusakan fisik gedung maupun jatuhnya korban jiwa akan dapat di cegah seminimal mungkin.

Pengaturan di pintu gerbang
Yang termasuk dalam kategori ini adalah perangkat boom barrier (palang penghalang), gerbang lipat (quick folding gate), gerbang geser (sliding gate) dan pintu putar (turnstile). Sama halnya seperti perangkat High Security, perangkat dalam kategori ini juga pasang di batas area terjauh dari suatu area yang ingin dilindungi, namun bedanya tingkat pertahanannya tidak setinggi perangkat High Security karena hanya berfungsi untuk mengontrol dan membatasi arus keluar masuk kendaraan maupun orang di area luar ruang. Pengaturan di pintu gerbang utanya bertujuan untuk mengatur lalu lintas di area terkait dengan memantau kendaraan apa dan siapa yang diijinkan untuk melewati gerbang dan mencegah masuknya penyusup atau orang yang tidak berwenang ke dalam wilayah terbatas.

Walaupun mempunyai tingkat pertahanan yang tidak tinggi, pengawasan berlapis dapat dilakukan dengan mengkombinasikan pemakaian beberapa jenis perangkat untuk meningkatkan level keamanan di suatu lokasi. Misalnya, kendaraan yang akan melintas masuk harus melalui boom barrier yang di jaga oleh petugas pemeriksa. Jika kendaraan telah terdaftar atau di anggap aman maka petugas akan membuka boom barrier dan mobil akan melewatinya untuk masuk melalui pintu gerbang otomatis yang baru akan membuka jika pengemudinya mempunyai kartu masuk sebagai tanda validitas kunjungan. Jika pengemudi mobil juga harus masuk ke dalam gedung untuk sesuatu hal, maka setelah kendaraan di parkir, pengemudi masih harus melalui pos pemantauan berikutnya berupa pintu putar (turnstile) untuk memastikan bahwa pengemudi tersebut adalah orang yang sudah mempunyai ijin untuk masuk ke dalam gedung. Dengan adanya pengawasan berlapis, tentunya tingkat keamanan area tersebut dapat menjadi sangat tinggi.

Pengaturan akses masuk di dalam gedung
Yang termasuk dalam kategori ini adalah jenis speed gate atau tripod. Jenis ini banyak sekali terpasang di stasiun kereta atau terminal MRT, dimana orang yang lalu lalang keluar masuk harus mempunyai kartu akses untuk bisa membuka speed gate atau tripod. Selain itu banyak juga gedung perkantoran maupun pemerintahan yang memasang perangkat ini sebagai cara untuk melakukan pengawasan terhadap lalu lintas manusia karena berdasarkan penelitian, pada saat yang sama hanya sekitar 7-8 orang yang dapat diawasi oleh petugas keamanan, namun jika banyak orang sekaligus memasuki sebuah gedung, petugas akan sulit untuk mengawasinya tanpa bantuan perangkat akses ini.

Pagar pembatas
Sesuai dengan namanya, pagar dari Perimeter Protection berfungsi untuk membatasi area luar dan dalam suatu tempat. Perangkat ini lebih bersifat memberitahukan kepada pihak lain bahwa suatu area tertentu adalah milik Anda. Walau hanya berfungsi sebagai pembatas, pagar bisa juga di integrasikan dengan suatu sistim keamanan untuk memberikan perlindungan lebih selain dari pada pembatasan wilayah saja. Hal ini bisa di lihat pada pagar di area sekeliling penjara atau bandara yang bukan hanya tinggi, untuk mencegah orang memanjat keluar atau masuk, tetapi juga dialiri oleh listrik bertegangan tinggi untuk memastikan tidak ada orang yang akan menyusup.

Cek Produk : Penghalang Jalan

Keuntungan yang bisa di peroleh dari perangkat Perimeter Protection:

  1. Menjaga keamanan suatu area – Keluarga di dalam rumah atau karyawan di dalam suatu gedung bertingkat, di bandara atau tempat-tempat penting lainnya, akan lebih terjaga dan terhindar dari bahaya penyusup atau orang yang berniat jahat, sehingga mereka akan merasa lebih aman dan nyaman untuk beraktifitas.
  2. Memberikan perlindungan dan mencegah kerugian lebih lanjut – Perangkat seperti pagar, bollard atau road blocker bukan saja menghalangi dan membatasi kendaraan tak berijin yang akan masuk, mereka juga dapat mencegah terjadinya kerugian lebih lanjut di area terkait. Contohnya seperti pada kasus terorisme seperti yang sudah disebutkan di atas.
  3. Dapat menentukan siapa saja yang boleh memasuki suatu area – Perangkat seperti turnstile, tripod atau speed gate memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa pun yang akan masuk atau keluar dari suatu area ataupun gedung. Sedangkan perangkat seperti boom gate dan sliding gate akan dapat mengawasi kendaraan besar maupun kecil yang akan melintasi area tersebut.
  4. Mencegah rencana jahat – Penyusup yang merencanakan perbuatan kriminal seperti merampok atau melakukan tindakan terorisme, tentu akan lebih hati-hati dan berpikir dua kali untuk melaksanakan rencananya ke dalam suatu area yang di incar mengingat pengamanan berlapis yang diberikan oleh perangkat Perimeter Protection.
  5. Memberikan ketenangan pikiran – Jika tempat Anda telah mempunyai perangkat pengamanan Perimeter Protection, tentu Anda dapat lebih tenang dan nyaman untuk melakukan aktifitas sehari-hari karena mengetahui bahwa Anda, karyawan, keluarga maupun asset berharga Anda terlindungi dengan baik oleh perangkat pengamanan dari Perimeter Protection.

Nah tunggu apa lagi? Jika Anda memerlukan keamanan dan ketenangan pikiran, Anda bisa segera menghubungi PT Indosan Berkat Bersama selaku distributor tunggal produk-produk Perimeter Protection di Indonesia untuk mendapatkan solusi terbaik bagi segala kebutuhan Anda.

Sumber: https://kbbi.web.id/perimeter