Apa itu fire blanket dan bagaimana cara kerjanya?

16 Aug 2021

Fire blanket seperti selimut kain dengan bahan tahan api ketahanan panasnya sampai 700° Celcius, seperti wol dan serat kaca yang lentur dan ringan (biasanya beratnya di bawah 1 kg) mudah digunakan untuk memadamkan kebakaran tahap awal. Material dasarnya dilapisi dengan bahan kimia berbasis pelarut air gunanya untuk meningkatkan keefektifan memadamkan api.

Cara kerjanya dengan menghentikan atau memutuskan oksigen dan udara pada titik api, dimana udara atau oksigen merupakan unsur dari segitiga api, jika oksigen sudah tidak masuk atau diputuskan maka api akan padam secara otomatis. Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan fire blanket adalah apakah ukuran fire blanket dapat menutupi seluruh api atau tidak.

Apakah fire blanket dapat memadamkan semua kelas kebakaran?

Tidak, Fire blanket hanya dapat memadamkan api dengan kelas kebakaran:

  • Kebakaran kelas A (Bahan padat), seperti kain, kayu, kertas, plastik.
  • Kebakaran kelas B (Bahan cairan yang mudah terbakar), seperti bensin, cat, gas LPG, tiner.
  • Kebakaran kelas F (Bahan padat dan cair), seperti minyak untuk menggoreng dan lain-lain.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan fire blanket?

Fire blanket dapat digunakan pada saat awal terjadinya kebakaran, saat api masih kecil. Biasanya digunakan untuk memadamkan api yang berasal dari bahan padat, cair yang mudah terbakar seperti minyak.

Apakah fire blanket memiliki masa kedaluwarsa? Ada berapa tipe fire blanket?

Fire blanket tidak memiliki masa kadaluwarsa, namun jika sudah pernah terpakai untuk memadamkan api perlu diganti, tetapi ada juga fire blanket yang dapat dipakai berulang-ulang untuk memadamkan api.

Ada berbagai macam tipe fire blanket sesuai dengan ukurannya dari 1m x 1m, 1,2m x 1,2m, 1,2m x 1,8m dan 1,8m x 1,8m. untuk fire blanket dengan ukuran paling kecil biasanya digunakan jika terjadi kebakaran di dapur atau kebakaran kecil di area rumah. Untuk ukuran yang lebih besar biasanya digunakan di kantor, restoran, hotel dengan skala api yang sedikit lebih besar. Ada juga, fire blanket dengan ukuran yang besar biasanya digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkan orang yang terjebak dengan cara membungkus atau menutupi dengan fire blanket dan juga untuk memadamkan api bersekala besar yang dapat menimbulkan korban jiwa atau kerugian.


Cara untuk menentukan Fire blanket yang aman dan berkualitas?

  • Mempunyai sertifikat
  • Sudah diuji di laboratorium pemadam kebakaran

Seperti fire blanket punya SANFire, yang sudah bersertifikat EN dan mengikuti standarisasi Eropa yang sudah lulus uji.

Jika ada yang belum tahu, sertifikat EN merupakan standardisasi produk yang diproduksi dan digunakan di negara-negara Eropa. Standar EN digunakan untuk menjaga kualitas, performa, dan interoperabilitas. Mereka membantu menjaga lingkungan dan kesehatan para pengguna dan pekerja. Di luar negara Eropa, standar EN juga diakui di dunia, seperti Amerika Latin, Brasil, Afrika, negara-negara Asia, serta beberapa pulau di Samudra Pasifik.

Dengan adanya sertifikat seperti EN, produk kami sudah terjamin aman dan berkualitas dari segi produksi.