Perlukah memiliki lemari besi tahan bongkar di rumah?

19 Jun 2020

Lemari besi tahan bongkar ialah jenis lemari besi yang relatif sulit dibobol oleh maling atau perampok. Apakah Anda perlu memiliki lemari besi tahan bongkar di rumah? Berikut pembahasannya.

1. Penyimpanan di satu tempat
Lemari besi tahan bongkar digunakan untuk menyimpan barang berharga, misalnya uang tunai dan perhiasan di dalam rumah. Lemari besi tahan bongkar juga bisa digunakan untuk menyimpan dokumen penting, seperti ijazah, paspor, surat tanah, atau dokumen rahasia lainnya. Dengan begitu, barang berharga dan dokumen penting tidak akan tercecer atau hilang. Lemari besi tahan bongkar sangat cocok untuk Anda yang pelupa atau cenderung teledor dalam menyimpan barang berharga.

2. Perumahan kian tidak aman
Lemari besi tahan bongkar cocok bagi mereka yang tinggal di perumahan yang tingkat pengamanannya tidak terlalu maksimal dan rawan perampokan. Sebagai informasi, perampokan merupakan tindak kriminal kedua terbanyak setelah narkoba. Dengan adanya lemari besi tahan bongkar, barang-barang berharga Anda tidak akan mudah atau setidaknya, akan menjadi lebih sulit untuk di bobol maling atau perampok.

3. Lebih efisien daripada safe deposit box di bank
Walaupun safe deposit box (SDB) di bank tampak lebih murah dibanding membeli lemari besi tahan bongkar, tidak semua dokumen Anda bisa disimpan di SDB tersebut. Dokumen yang sering digunakan, seperti paspor atau data rekam medis anggota keluarga, akan lebih cocok di simpan di lemari besi tahan bongkar di rumah daripada di SDB bank. Alasannya karena bank mempunyai jam operasional tertentu yang membuat Anda tidak bisa seenaknya mengakses SDB milik Anda kapanpun diperlukan. Selain itu, bila menggunakan SDB, Anda pun harus membayar biaya sewanya setiap tahunnya.

4. Fiturnya menarik
Lemari besi besar zaman sekarang bukanlah lemari berukuran sebesar truk seperti lemari besi tahan bongkar zaman dulu. Lemari besi zaman sekarang tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang berukuran kecil sehingga dapat disimpan dalam dinding rumah atau di bawah lantai. Fitur tahan api juga merupakan perlindungan tambahan yang menarik dan penting pada lemari besi tahan bongkar. Dengan begitu, selain tahan dari pembobolan, lemari besi tahan bongkar pun tahan terhadap api. Jadi, Anda bisa tenang karena dokumen penting dan barang berharga lainnya tersimpan aman di rumah.