KEAMANAN TERHADAP RESIKO KEBAKARAN DI RUMAH

24 Jul 2020

Setiap tahun, ribuan orang, termasuk anak-anak, terluka dan terbunuh dalam kebakaran di rumah. Anak-anak sering ingin tahu tentang api dan mungkin tidak memahami bahayanya. Ini membuat praktek keselamatan kebakaran di perumahan menjadi sangat penting. Ada beberapa hal sederhana namun penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rumah Anda agar aman dari kebakaran yaitu:

  1. Pasang alarm asap (smoke alarm)
  2. Kebiasaan bermain yang aman
  3. Siapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
  4. Ketahui cara pertolongan pertama pada kebakaran


Pasang alarm asap (smoke alarm)
Sebaiknya pasang alarm asap di semua bagian rumah dan pastikan alat bekerja dengan baik dengan cara pengetesan alat 1x setiap bulan dan mengganti baterai 1x dalam setahun. Jika Anda ragu lokasi pemasangan alarm asap ini, tanyakan kepada ahlinya atau hubungi technical support Indosan di info@indosan.com

Kebiasaan bermain yang aman

  • Ajari anak-anak Anda tentang bahaya korek api, lilin, instalasi listrik atau bahan mudah terbakar lainnya yang mungkin memicu kebakaran.
  • Jauhkan barang-barang seperti ini dari jangkauan anak-anak. Jelaskan bahwa barang-barang ini adalah alat untuk orang dewasa, bukan mainan serta jangan pernah menghibur anak-anak dengan korek api.
  • Perhatikan lokasi bermain anak, jangan pernah meninggalkan anak bermain di kamar dengan lilin yang menyala atau bermain di dapur tanpa supervisi orang dewasa.


Siapkan APAR

  • Letakkan APAR di tempat yang mudah di jangkau, terutama di dapur.
  • Periksa tanggal pada APAR untuk memastikan mereka tidak kadaluwarsa dan selalu siap untuk digunakan.
  • Gunakan APAR yang paling sesuai untuk menanggulangi resiko kebakaran di perumahan, misalnya APAR dengan media pemadam serbuk multi-purpose ABC 90.
  • Sebagai kelengkapan APAR, di area dapur bisa juga disiapkan selimut api (fire blanket) sebagai alat pemadam yang aman menggantikan karung basah.


Ketahui cara pertolongan pertama pada kebakaran

  • Ajari anggota keluarga Anda cara menggunakan APAR dan alat pemadam lainnya dengan benar dan apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.
  • Ajari apa yang harus dilakukan jika pakaian mereka terbakar. Berhenti, jatuhkan diri ke lantai dan berguling sambil menutupi wajah mereka dengan tangan sampai api padam. Pastikan mereka mengerti bahwa berlari akan membuat api membakar lebih cepat.
  • Tunjukkan cara merangkak di bawah asap selama kebakaran agar bisa mencari jalan keluar menjauh dari api. Jelaskan kepada anak-anak bahwa jika terjadi kebakaran, mereka tidak boleh bersembunyi di lemari atau di bawah tempat tidur, sebaliknya mereka harus mencoba keluar dari rumah. Dan jika mereka tidak bisa keluar, mereka harus memberi tahu orang lain bahwa mereka terjebak.

Jika Anda menerapkan hal sederhana tersebut di atas pada rumah Anda, niscaya resiko kebakaran akan menjadi sangat kecil dan keluarga Anda akan lebih aman dan terlindung. Anda tidak perlu bingung harus bertanya atau mencari kemana guna melakukan pencegahan terhadap kebakaran di rumah karena team Indosan akan siap membantu memberikan solusi terbaik untuk semua kebutuhan akan perlindungan dan keamanan dari resiko kebakaran. Kunjungi website kami di www.indosan.com atau hubungi team sales Indosan di kota Anda

Sumber: 1 | 2 | 3