MEMILIH BRANKAS RUMAH YANG AMAN DARI RESIKO KEBAKARAN

30 Jul 2020

Jika Anda memiliki barang berharga, seperti emas, batu mulia atau dokumen penting, Anda tentu ingin mengamankannya, salah satunya dengan menyimpan di dalam brankas. Namun Anda menyadari bahwa brankas biasa tidak akan bisa memberikan pengamanan optimal. Memang brankas biasa mungkin menggagalkan pencurian, tetapi Anda masih bisa kehilangan semuanya jika terjadi kebakaran. Itu membuat Anda bertanya-tanya untuk mendapatkan brankas yang tahan api. Mari kita bahas apa yang harus diperhatikan dalam memilih brankas tahan api.

PERINGKAT TAHAN API
Anda mungkin ingin tahu, "Apakah sebuah brankas tahan api benar-benar bisa berfungsi melindungi barang berharga saya dari kebakaran?" Untuk hal ini Anda harus memilih brankas yang tahan suhu tinggi. Jika Anda memilih brankas tahan api dengan peringkat rendah, itu tidak akan melindungi barang berharga Anda jika kebakaran terjadi. Carilah peringkat UL sebelum memilih brankas, seperti yang dimiliki oleh brankas tahan api SAN. Informasi ini bisa ditemukan pada brankas terkait sebagai bukti keabsahan peringkat. Sebagai contoh, brankas SAN Alpen-A memiliki peringkat UL kelas 350-1 jam yang berarti suhu internal brankas akan bertahan kurang dari 350oC selama minimum 1 jam jika terjadi kebakaran.

Pertimbangkan juga apa yang akan Anda simpan saat memilih peringkat tahan api. Misalnya, jika Anda berencana untuk menyimpan rekaman kaset lama atau pita film 35mm, maka Anda harus mencari brankas yang bisa mempertahankan suhu internal tidak lebih dari 150oC. Disk komputer atau kepingan DVD bahkan lebih sensitif lagi karena hanya bertahan pada suhu tidak lebih dari 125oC saja.

Untuk brankas rumah, secara umum, perlindungan 30 menit sudah cukup, karena kebakaran cenderung bergerak melalui rumah dalam waktu 20 menit. Namun Anda juga dapat menemukan brankas yang menawarkan perlindungan untuk 1 sampai 2 jam yang biasanya mempunyai harga yang lebih tinggi juga.

FITUR TAHAN AIR
Ketika mempertimbangkan apa yang harus di cari pada sebuah brankas tahan api, fitur tahan air mungkin merupakan hal terakhir dalam pikiran Anda. Namun, fitur tahan air sangat penting untuk keamanan brankas tahan api. Alasannya, karena di Indonesia kita sering mengalami banjir, sehingga menjadi alasan untuk khawatir. Lalu pada saat kebakaran, air akan digunakan untuk memadamkan api. Anda tentu tidak ingin air itu masuk ke dalam brankas Anda. Brankas yang tahan api sekaligus tahan air dapat Anda temukan pada seri SAN Olympus dan Alpen.

HARGA BRANKAS
Saat mempertimbangkan apa yang harus dicari pada sebuah brankas tahan api, Anda juga perlu mempertimbangkan harganya. Brankas dengan harga murah mungkin tidak akan bertahan selama kebakaran hebat karena memang belum teruji peringkat ketahanannya. Sedangkan brankas berkualitas dengan peringkat tahan api yang telah teruji melalui sertifikasi, pasti akan mempunyai harga lebih tinggi juga. Namun harus di ingat bahwa harga brankas bisa juga di anggap sebagai biaya investasi untuk mengasuransikan dan mengamankan barang berharga Anda di rumah atau tempat kerja.

MEMILIH TEMPAT UNTUK BRANKAS
Sekalipun Anda membeli brankas tahan api terbaik, Anda harus tetap memperhatikan dimana Anda akan menyimpannya. Pencuri semakin pintar dan jika brankas sangat mudah terlihat dan terjangkau, mereka akan mencoba menemukan cara untuk membobolnya. Meskipun mahal, mengamankan brankas di dalam lantai atau dinding adalah metode yang lebih baik.

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih brankas rumah, sekarang Anda dapat lebih yakin dalam memutuskan akan membeli brankas yang seperti apa. Team Indosan akan siap membantu memberikan solusi pengamanan terbaik melalui varian brankas SAN yang tentunya telah teruji peringkat dan kualitasnya.

Sumber: 1 | 2