Ini Beberapa Kelebihan Lemari Logam yang Harus Anda Ketahui

15 Sep 2020

Logam seperti besi atau baja menjadi salah satu bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan berbagai macam funiture, salah satunya adalah lemari. Akan tetapi apakah Anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dari lemari besi? Jika belum, simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Tahan Serangan Rayap
Barang yang terbuat dari kayu umumnya mudah mengalami kerapuhan. Selain disebabkan oleh faktor cuaca, kerapuhan kayu dapat juga disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup seperti rayap.

Berdasarkan hal tersebut, masyarakat lebih suka memilih bahan baku logam sebagai bahan dasar lemari. Selain dinilai lebih kuat, lemari yang terbuat dari logam tidak mudah rapuh karena terserang rayap. Hal ini membuat lemari logam menjadi lebih tahan lama.

Perawatan Yang Baik Akan Menyebabkan Tahan Karat
Ancaman untuk logam terutama besi umumnya adalah karat. Hal tersebut tentu saja dapat dihindari dengan penggunaan cat yang tepat sebagai salah satu upaya perawatan yang baik agar lemari besi di rumah Anda tidak mudah berkarat. Bentuk perawatan lain adalah senantiasa membersihkan perabot besi dari kotoran, baik berupa debu kering maupun cairan kimia.

Memperindah Interior Rumah
Penggunaan perabot berbahan dasar logam juga dapat memperindah interior rumah. Selain memiliki kesan yang mengkilap, bahan dasar dari logam lebih mudah untuk dibersihkan.

Kesan mengkilap ini memberikan efek elegan untuk interior. Terlebih lagi, bila pengaplikasian cat besi dengan pilihan warna yang tepat tentu akan semakin memperindah interior rumah.

Lebih Kuat Menahan Beban Berat
Selain beberapa kelebihan yang disebutkan di atas, penggunaan funitur dengan bahan baku logam dinilai lebih kuat menahan beban. Hal tersebut dikarenakan logam memiliki sifat tidak mudah patah.

Ukuran logam yang digunakan dalam membuat lemari besi bisa disesuaikan dengan kapasitas yang diinginkan. Bila berat maksimum yang diinginkan tidak sesuai dengan tebal logam, tentu saja fungsi yang dimiliki menjadi tidak maksimal.

Kekuatan lemari besi juga harus disesuaikan dengan fungsinya, misalnya lemari untuk menyimpan baju dan buku, tentu tidak akan setebal lemari tempat menaruh televisi dan sound system.