Mengenal Macam-macam Lemari Arsip

10 Sep 2020

Pada dasarnya lemari arsip merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting. Lemari arsip ini bisa Anda gunakan untuk keperluan di kantor maupun keperluan pribadi di rumah. Sebelum menggunakannya, Anda perlu mengenal macam-macam lemari arsip terlebih dahulu.

Lemari Berbahan Dasar Kayu
Merupakan tipe lemari arsip yang sudah banyak ditinggalkan orang karena relatif lebih rapuh dan bisa menjadi santapan rayap. Umumnya lemari kayu mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan lemari arsip dari bahan logam (lempeng baja). Namun di sisi lain, lemari kayu mempunyai kelebihan dari segi artistik karena bisa di desain dengan ukir-ukiran bernilai seni tinggi untuk memperindah sebuah ruangan.

Lemari Berbahan Dasar Logam
Ketika hendak membeli lemari arsip yang perlu Anda pertimbangkan adalah lemari arsip yang berbahan dasar logam seperti baja. Tentunya Anda menginginkan sebuah lemari yang kokoh dan cukup awet, bukan? Oleh sebab itu, lemari arsip berbahan dasar logam sangat cocok untuk menyimpan dokumen Anda secara rapi dan aman.

1. Filing Cabinet
Bagi Anda yang ingin menyimpan dokumen di tempat yang aman, filing cabinet dari bahan baja bisa menjadi pilihan. Lemari ini biasanya terdiri dari 2 - 4 laci dengan alternatif setiap laci dilengkapi dengan kunci masing-masing sehingga dokumen Anda akan tersimpan dengan aman.

Jumlah laci dapat digunakan untuk memisahkan berbagai dokumen yang berbeda. Ini tentu sangat memudahkan Anda untuk mencari dokumen terkait ketika akan digunakan kembali karena sudah dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Contoh filing cabinet berkualitas adalah SAN Denali yang merupakan seri filing cabinet yang terbuat dari lempeng baja tebal dengan jumlah laci, ukuran lebar dan warna yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mobile File
Sesuai dengan namanya, lemari arsip ini adalah jenis lemari arsip modern dengan sistem penggerak mekanis yang di desain untuk menahan beban besar serta mengatasi keterbatasan ruang. Lemari arsip ini dapat bergerak secara dinamis hanya dengan memutar handel ke arah yang diinginkan. Banyaknya baris dan lebarnya lemari arsip ini dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan merupakan pilihan ideal dan aman bagi institusi yang membutuhkan penyimpanan arsip dalam jumlah besar tanpa memerlukan area yang luas. Sangat cocok digunakan di perbankan, rumah sakit, sekolah, perpustakaan, gudang arsip, dan lain-lain.

SAN Monroe adalah seri mobile file keluaran PT Indosan yang memiliki keunggulan tersendiri karena selain menggunakan lempeng baja tebal berkualitas tinggi, tiap raknya juga mampu menahan beban sampai 80 kg. Jumlah baris dan lebar mobile file SAN ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Untuk segala kebutuhan lemari arsip Anda, team sales Indosan akan siap membantu atau kunjungi www.indosan.com