Pentingnya Menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Di Dalam Mobil

11 Oct 2020

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan pemilik dan pengelola kendaraan bermotor untuk menyediakan alat pemadam kebakaran seperti APAR di dalam kendaraan pada tahun 2021. Sebelumnya, Kemenhub menetapkan aturan tersebut untuk diterapkan pada tahun 2020 sesuai peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat, akan tetapi aturan tersebut ditunda karena kondisi pandemik virus corona (covid-19) yang masih berlangsung sampai saat ini.

Akhir-akhir ini banyak terdengar berita terbakarnya kendaraan bermotor, terutama mobil, di jalan raya, di tempat parkir, bahkan di dalam garasi rumah. Mobil, bus dan truk memang memiliki potensi kebakaran yang cukup besar. Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab kebakaran pada kendaraan bermotor adalah kebakaran yang timbul dari benda cair yang mudah terbakar (tipe kebakaran kelas B) seperti bensin, oli, solar dan sebagainya, yang memang digunakan pada semua kendaraan bermotor. Faktor umum lainnya adalah kebakaran yang disebabkan oleh modifikasi pada mesin yang mengakibatkan malfungsi elektrikal kepada kendaraan bermotor terkait (tipe kebakaran kelas C).

Baca juga: Jenis-Jenis Media dalam Alat Pemadam Api Ringan

Kebakaran kendaraan bermotor dapat dipadamkan dengan beberapa jenis media pemadam, antara lain powder, foam, CO2 dan gas cair (clean agent). Namun media pemadam api yang ideal untuk kebakaran pada kendaraan bermotor adalah jenis powder, yang merupakan media serbaguna karena cocok untuk tipe kebakaran kelas A, B dan C.

Cek produk: Alat Pemadam Api Ringan

Dengan tersedianya APAR di dalam mobil atau kendaraan bermotor lainnya, selain resiko kebakaran dapat langsung di cegah tanpa harus menunggu petugas pemadam kebakaran datang, adanya APAR berguna juga untuk melindungi keselamatan penumpang kendaraan serta kendaraan lain di sekitarnya. Jika Anda membutuhkan alat pemadam api berkualitas dengan harga yang kompetitif, silahkan cek website kami atau hubungi team Indosan untuk mendapatkan solusi terbaik bagi semua kebutuhan Anda untuk pencegahan kebakaran.

Source: 1 | 2