Kenapa Harus Menggunakan Filing Cabinet?

15 Oct 2020

Lemari merupakan salah satu alat untuk menyimpan berbagai berkas atau dokumen. Salah satunya Anda bisa menggunakan filing cabinet. Ini adalah jenis penyimpanan dengan bahan logam yang pastinya lebih kokoh dan memiliki pilihan jumlah kotak.

Kelebihan Filing Cabinet
Sebagai salah satu jenis lemari, filling cabinet memiliki fungsi yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah deretan keunggulannya, terutama untuk menyimpan berbagai jenis dokumen.

1. Menyimpan Arsip atau Dokumen Penting Kantor
Fungsi pertama dari filing cabinet adalah untuk menyimpan arsip berbagai dokumen penting di kantor. Pemilik bisa memilih bentuk berupa susunan laci, rak atau partisi dengan pintu. Ukurannya cukup besar sehingga bisa muat banyak berkas dalam satu lemari.

Lemari kabinet dari bahan logam menjadi pilihan terbaik untuk menyimpan arsip di kantor maupun rumah karena lebih kokoh, mudah untuk dipindahkan serta tahan rayap. Ada juga lemari kabinet dari material plastik atau kayu dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Untuk Menyimpan Berkas-berkas Penting di Rumah
Selain banyak yang menggunakan untuk menyimpan dokumen kantor, Anda juga bisa memakainya di rumah untuk berbagai berkas pribadi yang penting. Sebagai contoh, kartu keluarga, akta kelahiran, akta tanah dan masih banyak lagi lainnya.

Anda bisa memilih jenis lemari sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika tidak terlalu banyak dokumen, dapat menggunakan bentuk rak. Selain itu, pemilihan material juga penting sebagai tambahan dekorasi. Dengan begitu, ruangan dalam rumah akan tampak lebih rapi dan estetik.

3. Terbuat dari Bahan yang Beragam
Keunggulan pemilihan lemari kabinet berikutnya adalah bahan yang beragam. Pengguna dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sebagai contoh, material dari logam yang mampu melindungi dokumen dari air. Alhasil, tetap terjaga dan tidak basah jika ada banjir atau fenomena lain.

Di sisi lain, juga ada material lainnya, seperti besi, kaca, plastik, aluminium, serbuk kayu dan kombinasi. Jika Anda menginginkan filing cabinet dengan kekuatan yang bagus dan tahan lama, maka pertimbangkan untuk memilih bahan besi, aluminium, baja atau kombinasi.

4. Terdapat Komponen Pendukung
Ada dua bentuk dari filing cabinet yang bisa Anda pilih, yaitu bentuk lemari dan laci. Pada kedua jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan begitu, pemaksimalan kegunaan sangat tergantung dari kebutuhan pengguna.

Dalam jenis laci, biasanya terdapat tambahan komponen seperti kunci dan partisi. Namun, untuk bentuk lemari tentunya memiliki desain berupa pintu untuk membuka dan menutupnya dengan perangkat tambahan berupa rak, pembatas dan kunci pengaman.

5. Melindungi Berkas dari Berbagai Gangguan
Memilih lemari berdasarkan fungsinya merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Ini merupakan langkah antisipasi agar dokumen tetap aman dan tidak rusak. Pemilihan filing cabinet akan menjaga semua berkas dari debu, kotoran, air, bahkan api jika suatu saat terjadi kebakaran.

Selain itu, dengan menyesuaikan ukuran, bentuk dan desain sesuai kebutuhan, akan membuat Anda mudah untuk memindahkannya ke tempat lain. Dengan begitu, dokumen tetap aman dan terjaga meskipun dalam waktu lama, juga terhindar dari rayap.

Tipe-tipe Filing Cabinet
Saat ini, terdapat dua jenis filing cabinet yang beredar. Anda bisa dengan mudah menemukannya pada distributor resmi terpercaya. Selain itu, semua pelanggan bebas memilih desain, ukuran dan warna sesuai kebutuhan. Berikut penjelasan lengkap kedua macam tersebut.

1. Lateral
Jenis pertama adalah lateral. Ini merupakan macam yang umum sekali dijumpai pada lingkungan perkantoran. Bentuknya berupa lemari berpintu dengan rak ambalan didalamnya untuk menyimpan berbagai jenis dokumen. Contoh produk jenis ini adalah lemari cabinet seri SAN Faber.

Anda bisa memasukkan berkas dengan cara menyusun ke samping di sepanjang rak ambalan. Ada berbagai pilihan jumlah partisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Laci
Tipe berikutnya dari filing cabinet adalah tipe laci. Anda bisa memasukkan dan mengambil dokumen dengan cara menarik keluar masuk bagian laci yang tersusun vertikal. Biasanya terdapat 2 hingga 4 laci yang tersusun ke bawah. Contoh jenis ini adalah seri SAN Denali yang mempunyai berbagai ukuran dan warna.

Lihat produk : Lemari Arsip Tahan Api

Saat ini bahkan beberapa produsen filing cabinet mulai mengkombinasikan lemari besi dengan filing cabinet di dalamnya sehingga berkas-berkas penting mendapatkan pengamanan berganda. Salah satu contoh produk ini adalah SAN Etna File produksi Indosan yang akan memberikan perlindungan maksimal untuk dokumen dan berkas penting yang tersimpan di dalamnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Filing Cabinet

Karena kebutuhan akan filing cabinet yang terus meningkat, maka dalam memilihnya Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Ini sangat penting agar mendapatkan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa ulasannya:

1.Tentukan Bentuk Filing Cabinet
Langkah pertama yang sangat penting dalam pemilihan filing cabinet adalah penentuan bentuknya. Anda harus menyesuaikannya dengan ukuran kantor. Jika ruangan cukup luas dan terdapat banyak berkas, maka pertimbangkan memilih bentuk lemari besar.

Selain itu, agar kantor terlihat lebih menarik, rapi dan bersih disesuaikan juga pemilihan warnanya. Jika kantor Anda memiliki desain minimalis, maka bisa menggunakan warna-warna lembut atau netral, seperti putih, biru muda dan lainnya.

2.Pilih dengan Pengaman yang Baik
Hal penting dalam pemilihan filing cabinet berikutnya adalah ada tidaknya pengaman yang bisa berupa kunci. Pilihan jenis kunci pun beragam, misalnya kunci digital, kunci manual, atau bahkan kunci biometrik untuk tingkat pengamanan yang lebih tinggi. Dengan adanya keamanan ini, tentu berbagai jenis berkas bisa lebih aman, selain dari debu dan kotoran juga dari faktor pencurian.

Fenomena ini berangkat dari berbagai kasus pencurian dokumen penting kantor oleh orang lain, bahkan karyawan sendiri. Oleh karena itu sebagai langkah antisipasi, Anda harus memberikan keamanan berupa kunci pada setiap lemari berkas tersebut.

3.Pilih Material Pembuat Sesuai Kebutuhan
Saat ini penggunaan filing cabinet tidak hanya untuk menyimpan berkas kantor saja, tetapi Anda juga bisa menggunakannya di rumah. Tidak heran jika pemilihan bahan juga tergantung dari kebutuhan. Sebagai contoh, material logam akan lebih awet, tetapi material kayu akan memberikan kesan mewah. Untuk alasan itulah, Indosan mengeluarkan seri filing cabinet atau lemari berbahan logam baja yang bermotif kayu untuk memadukan kedua kebutuhan tersebut.

Dengan bahan yang berkualitas tinggi, filing cabinet akan bertahan lama sehingga tidak perlu menggantinya setiap tahun.

4.Dapatkan Pada Toko Terpercaya
Dengan kemudahan teknologi seperti sekarang ini, maka membuat kegiatan belanja juga menjadi lebih mudah. Selain itu, berbagai toko penjual filing cabinet banyak bermunculan. Tetapi, tidak semuanya akan memberikan produk berkualitas dan terjamin keawetannya.

Oleh karena itu, sebelum memilih filing cabinet Anda harus tahu produsen yang sudah terpercaya. Dengan begitu, pasti mendapatkan berbagai keuntungan, seperti bahan berkualitas, harga terjangkau dan jaminan purna jual yang baik.