Kelebihan dan Cara Memilih Lemari Besi Berkualitas

02 Nov 2020

Tentu kita semua cukup familiar dengan lemari besi. Namun walaupun dinamakan lemari besi, bukan berarti lemari ini terbuat dari besi, melainkan karena tampilannya yang kokoh menyerupai sebuah kotak dari logam maka disebut sebagai lemari besi.

Kelebihan Menggunakan Lemari Besi

Dalam dunia perkantoran, lemari besi sangat diperlukan untuk menyimpan berbagai dokumen atau berkas penting dan rahasia. Namun di luar keperluan tersebut, terdapat berbagai keunggulan lainnya, seperti:

1. Mampu Menampung Beban Berat
Keunggulan pertama dari lemari besi adalah kemampuannya untuk menyimpan berbagai benda berat tanpa kekuatiran akan merusak lemari penyimpanannya. Jika yang di simpan adalah berbagai jenis dokumen penting dalam jumlah yang banyak, lemari besi akan tetap kokoh dan dokumen yang tersimpan di dalamnya akan aman.

2. Anti Rayap dan Jamur
Semua dokumen penting yang biasanya berupa bahan kertas rentan sekali robek, basah, kotor, rusak dan terbakar sehingga perlu dilindungi dan diamankan. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan dokumen atau berkas penting tersebut di dalam suatu lemari besi.

Alasannya adalah karena lemari besi tahan terhadap serangan rayap maupun jamur karena ruang di dalam lemari besi mempunyai suhu yang stabil dan kedap udara. Alhasil, berkas yang tersimpan akan lebih aman dari resiko kerusakan oleh 2 faktor di atas.

3. Kuat dan Tahan Lama
Karena terbuat dari material logam, lemari besi relatif akan bertahan lebih lama dan lebih kuat dibandingkan lemari penyimpanan yang terbuat dari bahan lainnya, seperti bahan kayu maupun plastik. Dengan begitu, Anda tidak perlu sampai berkali-kali mengganti lemari penyimpanan karena lemari besi dipastikan akan lebih awet sampai bertahun-tahun.

4. Tahan Terhadap Api dan Pembongkaran
Lemari besi sering kali di sebut juga sebagai brankas, dimana kata brankas sebenarnya berasal dari bahasa Belanda, “branden” dan “kast”. Branden berarti membakar sedangkan kast berarti lemari, sehingga brankas mempunyai arti lemari tahan kebakaran. Sedangkan dalam bahasa Inggris, lemari besi di sebut sebagai “safes” yang berasal dari kata safe yang berarti aman, maka bisa diartikan bahwa lemari besi di anggap sebagai tempat penyimpanan yang aman.

Banyak perkantoran, khususnya segmen perbankan, mempunyai lemari besi sebagai tempat untuk mengamankan barang berharga mereka. Area perkantoran yang padat dan penuh dengan benda mudah terbakar, termasuk kertas kerja dan berkas-berkas penting lainnya, membuat area ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terjadinya kebakaran. Dengan demikian, untuk mencegah kerusakan atau kehilangan dokumen penting ada baiknya jika semua dokumen tersebut beserta barang-barang berharga lainnya dapat di simpan dalam sebuah lemari besi. Pemilihan lemari besi menjadi salah satu tindakan pencegahan dan pengamanan bagi benda berharga Anda dalam menghadapi kejadian tak terduga seperti kebakaran atau pencurian.

5. Aman dan Dapat Memperindah Interior Ruangan
Material logam yang kokoh serta ketebalan lemari besi menjadi salah satu dasar perlindungan yang baik. Faktor pengaman ini bisa semakin ditingkatkan dengan tersedianya kunci pengaman serta fitur-fitur pengaman lainnya seperti glass relocking, anchoring, dan lain-lain. Dengan demikian semua berkas penting akan aman dari tindakan pencurian karena tingkat kesulitan yang tinggi untuk membobol suatu lemari besi.

Dengan berbagai invovasi dan model yang selalu mengikuti perkembangan jaman, lemari besi juga dapat memberikan kesan elegan dan mewah sehingga dengan penataan interior ruangan yang baik, peletakan lemari besi akan menambah keindahan ruangan tersebut.

Ciri-ciri Lemari Besi Berkualitas
Ada berbagai jenis lemari besi dengan berbagai ukuran, merk, model dan harga mulai dari yang kecil dan portabel, yang dipasang di dinding, sampai yang berukuran sebesar ruangan, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang setara. Simak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lemari besi yang berkualitas:

1. Kapasitas dan Beratnya
Dalam memilih lemari besi perlu dipertimbangkan ukuran serta beratnya. Jika membutuhkan lemari penyimpanan untuk banyak berkas penting, pilihlah lemari besi yang berukuran besar karena akan mampu menampung berbagai berkas penting dalam jumlah besar. Namun perlu di ingat bahwa biasanya lemari besi berkapasitas besar juga akan sangat berat sehingga perlu mempertimbangkan lokasi peletakan yang tepat untuk lemari besi ini.

Jika ruang kantor berada di suatu gedung tinggi, namun tetap membutuhkan penyimpanan dokumen penting dalam jumlah besar, hal ini tidak selalu harus di atasi dengan sebuah lemari besi berkapasitas besar, bisa di siasati dengan memilih beberapa buah lemari besi berukuran sedang yang nantinya akan ditempatkan di beberapa area terpisah untuk menyebar titik tumpu berat pada lantai gedung agar tidak terpusat pada 1 titik saja.

Jika kebutuhannya adalah untuk menyimpan dokumen penting seperti buku cek, atau uang tunai yang sewaktu-waktu harus di bawa ke tempat lain, bisa memilih lemari besi portabel yang berukuran relatif kecil dan mudah di jinjing oleh orang dewasa. Walaupun berukuran kecil dan portabel, lemari besi haruslah tetap memiliki fitur proteksi yang baik, misalnya tahan api, menggunakan kunci kombinasi, dan lain-lain.

2. Memiliki Pilihan Kunci Pengaman
Sebuah lemari besi yang berkualitas biasanya mempunyai lebih dari 1 fitur keamanan, salah satunya adalah kunci pengaman. Terdapat pilihan kunci kombinasi mekanik maupun digital, kunci biometrik atau kunci manual. Pilihlah lemari besi dengan kunci pengaman ganda untuk memberikan proteksi maksimal, misalnya gabungan antara kunci biometrik dengan kunci manual, atau kunci kombinasi digital yang dipasangkan dengan kunci manual. Intinya, dengan adanya pengamanan berganda seperti ini, tentu lemari besi akan relatif lebih sulit di buka sehingga akan mencegah pembobolan atau pencurian oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

3. Mempunyai Sertifikat Kualitas
Keunggulan lemari besi adalah kemampuannya untuk bertahan lama karena terbuat dari baja dengan material tahan api maupun tahan bongkar serta tahan serangan rayap sehingga relatif akan jauh lebih awet dan kuat dibandingkan lemari yang terbuat dari bahan lain seperti kayu atau plastik.

Ketahanan ini bisa dibuktikan melalui sertifikasi yang melekat pada suatu lemari besi. Adanya sertifikasi membuktikan ketahanan dan menjamin kualitas lemari besi karena telah lolos uji oleh badan sertifikasi nasional maupun global seperti UL, JIS, VDS, dan lain-lain. Kelebihan ini menjadi salah satu ciri yang membedakan kualitas sebuah lemari besi.

4. Harga Sebanding dengan Kualitas
Dengan meningkatnya kebutuhan akan lemari penyimpanan yang aman, semakin banyak toko penyedia alat-alat kantor yang juga menjual lemari besi guna memenuhi permintaan pasar. Namun, jangan sampai Anda tergiur oleh harga murah. Harga murah bisa terjadi karena kualitas lemari besi yang rendah, fitur keamanannya yang terbatas, atau karena lemari besi yang di jual adalah lemari besi bekas.

Ini bukan berarti Anda harus memilih lemari besi yang mahal semata, namun Anda harus pintar-pintar memilah mana barang berkualitas baik dan mana yang tidak. Istilah “harga membawa rupa” memang sangat benar karena suatu harga biasanya akan mencerminkan kualitas barangnya. Jika Anda memilih lemari besi yang berharga murah tapi dengan kualitas rendah, itu berarti Anda harus siap dengan resiko kehilangan barang berharga yang akan di simpan di dalam lemari besi yang mungkin saja bernilai jauh di atas harga lemari besi yang Anda beli.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Brankas