Lemari Besi Bisa untuk Menyimpan Apa Saja? Ini Daftarnya

12 Nov 2020

Lemari merupakan salah satu perabotan rumah yang memiliki fungsi sangat penting. Ada banyak sekali jenis lemari, salah satunya adalah lemari besi atau yang lebih di kenal dengan sebutan brankas. Fungsi yang dimiliki oleh brankas ini cukup variatif, salah satunya yaitu dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai barang yang dianggap penting. Jenis barang-barang penting dan bernilai tinggi yang bisa Anda simpan di dalam lemari ini dapt di simak dalam ulasan berikut ini.

Untuk Menyimpan Berkas Penting
Bagi Anda yang memiliki berkas penting bisa memanfaatkan lemari besi sebagai wadah penyimpanan yang aman. Sebagaimana diketahui bahwa lemari besi merupakan salah satu perangkat yang tidak mudah terbakar. Oleh sebab itu, lemari besi dapat Anda gunakan untuk melindungi dokumen-dokumen penting seperti berikut ini:

- Akta Kelahiran
Salah satu dokumen penting yang harus Anda simpan pada sebuah lemari besi yang berbahan dasar besi adalah akta kelahiran. Tidak dapat dipungkiri bahwa akta kelahiran merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan sebagai dokumen yang wajib ada jika ingin mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan sipil dan kewarganegaraan seseorang. Proses pembuatan akte ini pun cukup ribet. Oleh sebab itu, Anda harus menyimpannya dengan sebaik-baiknya di tempat yang aman agar tidak hilang dan mudah di cari.

- Sertifikat-sertifikat
Sertifikat-sertifikat penting yang Anda miliki juga akan lebih baik apabila di simpan dalam lemari besi, mulai dari sertifikat tanah, rumah, hingga sertifikat dari sebuah penghargaan. Tentunya sertifikat-sertifikat tersebut sangat berarti, bukan? Menyimpan sertifikat-sertifikat tersebut pada sebuah lemari besi adalah salah satu cara yang paling efektif yang dapat Anda lakukan.

- Paspor
Membuat sebuah paspor tidaklah melalui sebuah proses yang mudah. Untuk dapat memiliki sebuah paspor, Anda juga harus mengumpulkan beberapa dokumen lainnya untuk memenuhi persyaratan pembuatan paspor. Itu sebabnya bagi Anda yang memiliki paspor harus menjaganya dengan baik.

Menyimpan paspor dalam lemari besi adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan paspor tersebut. Dengan begitu, paspor Anda akan terlindungi dari kerusakan dan aman dari gangguan rayap yang dapat merusak paspor yang Anda miliki.

- Polis asuransi
Polis asuransi merupakan bukti kepemilikan asuransi yang berguna untuk memudahkan dalam melakukan klaim jika diperlukan. Jika polis asuransi tersebut sampai hilang, maka pihak tertanggung harus mengeluarkan waktu dan biaya lagi untuk mengurusnya kembali karena tanpa polis, akan mengakibatkan kesulitan pencairan dana ketika terjadi suatu masalah.

- Kartu Jaminan Sosial
Dokumen jenis ini di Indonesia meliputi kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Jenis berkas tersebut tidak digunakan setiap hari namun dibutuhkan sewaktu-waktu. Sering kali seseorang lupa dalam meletakkan berbagai jenis dokumen penting, apalagi yang berukuran kecil seperti kartu. Mereka menaruhnya di sembarang tempat. Keadaan akan berbeda jika menggunakan tempat penyimpanan khusus berupa lemari besi. Apabila sewaktu-waktu membutuhkan kartu jaminan sosial bisa langsung dikeluarkan dari lemari besi.

Untuk Menyimpan Barang-barang Berharga
Namanya barang beharga tentunya Anda tidak akan menyimpan di tempat sembarangan, bukan? Meskipun di dalam rumah, barang berharga harus tetap Anda simpan di tempat yang paling aman. Salah satu tempat yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan barang-barang berharga di rumah maupun tempat usaha adalah lemari besi.

Tidak sedikit orang yang was-was ketika memiliki barang-barang berharga dan bingung bagaimana menyimpannya dengan aman. Mereka merasa khawatir apabila barang-barang tersebut akan rusak, hilang atau di curi jika disimpan di tempat yang tidak tepat.

Barang berharga yang Anda miliki seperti perhiasan, emas dan batu mulia akan tetap aman berada di dalam lemari besi. Anda juga tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu terjadi musibah yang tidak diinginkan, misalnya terjadi kebakaran atau gempa bumi. Barang-barang berharga kesayangan Anda akan tetap aman berada di dalam lemari besi karena lemari besi lebih tahan terhadap api dibandingkan perangkat lainnya serta relatif aman dari pembongkaran karena memiliki sistim proteksi pada lemari besi tersebut.

Untuk Menyimpan Uang Tunai
Saat ini memang banyak bank yang menawarkan kepada Anda untuk menabung dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Tetapi mungkin tidak sedikit juga dari Anda yang lebih memilih menyimpan uang tunai di dalam rumah agar lebih mudah untuk mengambilnya ketika hendak digunakan, khususnya ketika terjadi suatu keadaan memaksa yang mendadak. Namun seperti juga menyimpan perhiasan di rumah, pasti ada kekhawatiran akan kehilangan uang tunai tersebut jika di simpan di tempat sembarangan. Jika Anda memiliki lemari besi tentu tidak perlu khawatir lagi untuk menyimpan uang tersebut di rumah karena lemari besi akan melindungi uang tunai tersebut. Desain lemari besi saat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai kunci pengaman. Anda pun tidak perlu ragu untuk memanfaatkan lemari besi sebagai wadah pelindung uang tunai yang dimiliki.

Untuk Menyimpan Kunci Cadangan Kendaraan dan surat-suratnya
Saat ini memiliki sebuah kendaraan bermotor seperti sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Ketika membeli sebuah kendaraan bermotor biasanya Anda akan di beri kelengkapan berupa berkas transaksi jual beli, surat bukti kepemilikan, buku manual serta kunci cadangan dari kendaraan tersebut. Untuk menyimpannya jangan lupa gunakan tempat yang aman seperti lemari besi. Kunci cadangan kendaraan Anda akan aman dan terlindungi, sehingga dapat digunakan kapan saja ketika diperlukan.

Untuk Menyimpan Buku
Buku merupakan salah satu benda yang mudah terbakar. Tidak hanya itu, buku juga mudah di makan rayap, akan cepat lusuh dan memudar apabila terus-menerus terkena sinar matahari, dan buku juga akan berjamur dan cepat rusak apabila terkena air atau terpapar udara lembab.

Tidak semua buku dapat diperoleh dengan mudah. Bagi Anda yang memiliki buku-buku yang di anggap tak ternilai harganya, misalnya buku silsilah yang merupakan pusaka keluarga atau buku bersejarah yang sulit di peroleh, maka alangkah baiknya apabila buku-buku tersebut di simpan di tempat yang aman. Salah satu tindakan yang sangat tepat untuk menyimpan buku-buku kesayangan Anda tersebut adalah meletakkannya di dalam sebuah lemari besi. Buku-buku Anda akan terlindung dari sinar matahari, rayap serta musibah yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

Untuk Menyimpan Foto-foto Kenangan
Bagi Anda yang suka mengabadikan momen penting dengan berfoto tentunya menginginkan agar foto-foto tersebut tetap awet dan dapat d isimpan dalam jangka waktu yang lama, bukan? Maka Anda memerlukan tempat yang aman yang dapat melindungi foto-foto tersebut agar tidak cepat lusuh, rusak atau hilang.

Lemari besi dapat Anda jadikan wadah yang tepat untuk melindungi foto-foto kenangan yang dimiliki. Dengan demikian, Anda akan tetap dapat mengenang dan melihat momen-momen terindah yang ada dalam foto tersebut dalam kurun waktu yang sangat lama.